Waspada, Insomnia Bisa Picu Resiko Asma Hinga 3 Kali Lipat

Bagi kamu yang suka Insomnia harus behati-hati nih, baru-baru ini studi asal Norwegia yang melibatkan 18.000 orang dewasa dengan kualitas tidurnya kurang cukup yaitu, 7-8 jam semalam lebih rentan untuk terkena masalah pernapasan.

Sumber: Bacabaca.org

Menurut para peniliti, kurang tidur dapat mengakibatkan peradangan dan meningkatkan hormon stres, kedua masalah itulah yang akan mengakibatkan timbulnya Asma.

Resiko Asma akan meningkat 65% jika kamu kurang tidur, dan untuk penderita Insomnia akan terserang asma hingga 3 kali lipat.

Menurut Dr Ben Brumpton yang meminpin penelitian ini mengatakan, "Ada perubahan dalam tubuh akibat insomnia, salah satunya dapat mengakibatkan efek berbahaya pada saluran napas."

Selain itu ada beberapa faktor lain yang memperparah Asma, yaitu merokok, kegemukan dan paparan pulusi udara. walaupun Asma belum di anggap penyakit kronis, tapi faktanya penyakit ini telah membunuh tiga orang perhari.

Dr Andy Whittamore, dari organisasi Asthma UK, mengungkapkan bahwa penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk melihat seberapa cepat “paparan” kurang tidur terhadap munculnya gejala asma.

Comments