Ini Nih Rahasianya Pengunjung Blog Tidak Turun Ketika Sudah Ganti Template

Pengunjung Blog merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan blog kita, kalau misalkan blog tidak ada pengunjungnya, kita akan percuma nulis artikel banyak-banyak di blog. Namun ketika anda mengganti template blog, anda menemukan masalah dengan berkurangnya pengunjung, sebaiknya anda harus perhatikan hal ini dulu sebelum mengganti template supaya trafik pengunjung anda tidak berkurang, ini dia nih tipsnya.

1. Pilih template yang bagus

Template yang bagus tidak hanya bagus dari desainnya saja, tetapi harus SEO Friendly, responsive, user friendly, dan fast loading. untuk cek template anda bagus atau tidak anda bisa menggunakan tools-tools untuk tes template atau melihat skor kecepatan loading template anda.

Untuk tes kecepatan loading tempalte anda bisa menggunakan tools GT Metrix, standar loading yang bagus adalah memiliki skor B (80%) Nilai A(90%) jika template anda waktu di tes di bawah C(80%) maka jangan pake template itu.

Dan untuk tes ke SEO an template anda bisa menggunakan tools CHKME, nilai standar pada tools ini adalah 80% jika di bawah 80% maka template anda tidak layak untuk di pake, jika anda tetap ingin memakainya silahkan perbaiki template anda sesuai dengan saran CHKME.

2.  Gunakan waktu ketika visitor blog anda lagi sepi untuk mengganti template

Anda bisa gunakan waktu malam hari yaitu pas waktu visitor sepi sekitar pukul 24:00 sampai selesai, karena ketika pada jam ramai dan ada visitor mengunjungi blog anda maka blog anda akan keliatan tidak rapi, pengunjung blog adalah segalanya buat kita, jadi berikanlah pengunjung blog pengalaman yang baik ketika mengunjungi blog anda, kalau misalkan pengunjung senang dengan blog anda maka otomatis pengunjung tersebut akan berkunjung kembali di lain waktu.

3. Sebelum ganti template backup dulu data-data seperti meta content untuk verifikasi Alexa, Google Webmaster, Bing webmaster, Google Analytics dan lain-lain


Hal ini merupakan paling penting nih kalau anda tidak ingin visitor blog anda menghilang, jadi anda harus backup dulu meta content untuk verifikasi seperti Google webmaster dan lain-lain.


Copy deh meta content yang penting seperti pada gambar di atas, kemudian taruh di notepad dulu, setelah itu baru deh pasang script template ke blog anda dan jangan lupa pasang kembali meta content yang di taruh di notepad tadi ke script template yang baru.

Cara tersebut bertujuan jika kamu sudah ganti template yang baru anda tidak perlu lagi pergi ke situs Google webmaster untuk ngambil script verifikasi, dengan begitu Blog anda akan tetap di kenali oleh Google walaupun sudah ganti template.

Semoga tipsnya bisa membantu anda ya, jika anda mempunyai pertanyaan silahkan komen di bawah ini ya.

Comments